Selasa

Pentingnya Publikasi Pada Dunia Pendidikan


Fenomena menjamurnya media promosi , khususnya media cetak baik surat kabar, majalah, tabloid maupun dalam bentuk buku telah menjadi trend tersendiri. Hal tersebut menujukan bahwa tingkat kesadarn masyarakat Indonesia pada umumnya selalu mencari informasi dengan cara membaca.


Promosi merupakan suatu kegiatan yang didasarkan pada keterampilan yang menuntut pemahaman psikologis tentang keseluruhan proses itu sendiri. Dalam rangka mengakomodir tuntutan kebutuhan masyarakat yang heterogen dan sekaligus menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini.

Pemanfaatan dan penempatan media yang tepat menjadi prioritas utama dalam kegiatan promosi dan kenyataanya perlu disadari mengingat promosi merupakan faktor terpenting pada masa sekarang dan masa mendatang.

Direktori pendidikan adalah salah satu alternatif media promosi yang kreatif yang diharapkan menjadi media promosi yanag efektif bagi lembaga pendidikan baik formal maupun informal. Direktori Pendidikan merupakan bukti bahwa masyarakat secara khusus ingin mengetahui dan melihat secara langsung keberadaan dunia pendidikan yang memang di rancang sebagai buku pedoman yang berisi berbagai profil pendidikan yang dapat di informasikan kepada masyarakat.

Adanya Buku Direktori Pendidikan diharapkan dapat menjadi jembatan yang sangat efektif untuk dikenalkan dan dipublikasikan lebih dekat segala ruang lingkup pendidikan bagi mereka, agar tidak terjadi kesalahan memilih pada tempat pendidikan yang sesuai. Akan sangat besar manfaatnya yang diterima oleh dunia pendidikan khsususnya masyarakat apabila sekolah-sekolah turut berpartisipasi dalam penerbitan direktori ini.

Direktori Pendidikan tentunya menampilkan informasi khusus seputar pendidikan TK, SD, SLTP, SLTA (SMA, SMA, MA), Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi, Lembaga Kursus & pelatihan, juga sarana penunjang pendidikan lainnya. Lembaga pendidikan yang datanya sebagian besar bersumber dari Dinas Pendiidkan kota/kabupaten umumnya diterbitkan menjelang tahun ajaran baru dnegan harapan menjadi pusat informasi dan rujukan pada siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Umumnya pendistribusian direktori pendidikan dibagikan langsung secara gratis ke lembaga pendiidkan yang ad adi lingkungan dinas pendidikan kota/ kabupaten. Pada rentang waktu penerbitan yang cukup panjang yakni selama satu tahun tiap edisinya, sudah tentu akan menyajikan data lembaga pendidikan yang akurat dan lengkap. Disamping keberadaannya tidak lepas dari keberadaan sponsor atau pemasang iklan.

Menyadari betapa pentingnya suatu informasi tentang pendidkan yang mengarah pada profesionalisme dan mutu sekolah, maka pempublikasian lembaga pendidikan begitu pentingnya. Visi maupun misis pendidikan di salah satu sekolah sangat penting di informasikan kepada masyarakat.

Pempublikasian profil sekolah yang dihimpun dalam media direktori akan memberi kontribusi yang positif bagi masyarakat dan bagaimanapun masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi pendidikan yang benar.

Tidak ada komentar: