Senin

Gado-gado Surabaya, Kelezatan Saus Kacang yang Menggoda Selera


Suatu masakan yang menggunakan kacang tanah yang dihaluskan, biasa dinamakan rujak. Begitu juga dengan gado-gado yang menggunakan kacang tanah yang ditumbuk. Pembuatan saus kacang yang dimasak dengan santan memiliki citarasa tersendiri.

Yang membedakan gado-gado surabaya adalah pada saus kacang yang dipakai. Dibuat dari kacang tanah pilihan yang ditumbuk, yang kemudian dimasak dengan santan dan sedikit kecap.
Untuk menghasilkan rasa yang beraroma, saat ditumbuk kacang tanah dicampur dengan bawang putih, trasi, gula merah dan sedikit cabai merah.
Penggunaan santan pada pembuatan saus kacang ini supaya rasa yang dihasilkan menjadi sangat gurih dan nikmat saat disantap. Saus kacang tanah ini juga akan menjadi kental sehingga menggoda selera untuk cepat-cepat di santap.
Setelah dimasak sekitar 10 menit, saus kacang siap disiramkan pada sayuran dan campuran lain yang ada di gado-gado Surabaya ini. Dan yang membedakan lagi dari Gado-gado Surabaya adalah pada sayuran yang digunakan. Sayuran segar siap merangkai pada sebuah piring yang tertata rapi seperti selada, kacang panjang, tauge, timun, tomat dan kubis.
Campuran lain seperti kentang rebus, telur rebus, tahu dan tempe turut melengkapi masakan jenis rujak ini, sehingga masakan makin menggoda selera. Untuk sayuran yang direbus seperti kacang panjang, tauge dan kubis. Sedangkan tomat, timun dan daun selada dibiarkan mentah, namun sebelumnya sudah dicuci terlebih dahulu hingga bersih.
Pada saat penyajian, semua sayuran, tahu, tempe dan telur rebus ditata diatas piring saji, lalu diberi saus kacang yang disiramkan diatas sayuran tersebut. Tidak lupa diberi kerupuk dan emping yang membuat cita rasa dari gado-gado Surabaya ini terasa nikmat dan tidak akan terlupakan bagi siapaun yang menyantapnya.
Dalam penyajiannyapun tidak memakan waktu lama. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja. Itu semua karena bahan-bahan telah disiapkan sebelumnya dan semuanya dalam kondisi yang segar.
Bagi yang menyukai rasa pedas, sambal yang telah duileg halus disediakan pada wadah kecil sebagai pelengkap kelezatan gado-gado ini.
Salah satu masakan khas Café Gue ini dijajakan dengan harga Rp15.000 per porsi. Sungguh nikmat jika dihidangkan dan disantap dalam segala suasana. Baik bersama teman, keluarga dan rekan kerja.
Gado-gado Surabaya yang bisa juga dicampur dengan lontong atau nasi putih. Bisa disantap ditempat atau sibungkus untuk di bawa pulang. Semua terserah selera yang menyantapnya.
Gado-gado Surabaya, satu dari sekian makanan yang menampilkan sisi kesehatan, karena menggunakan bahan-bahan yang bebas kolestrol.


Tidak ada komentar: