Senin

Rumah Makan Manjabal, Paduan Harga dan Rasa Yang Sempurna


Di kota Bogor, keberadaan rumah makan dengan sajian masakan sunda pastilah sudah tidak asing lagi. Namun, bagi Manjabal kehadirannya tidak saja meramaikan wisata kuliner, tapi lebih melengkapi sajian khususnya sunda Ciamis yang merupakan tempat asalnya rumah makan ini.
Memasuki RM Manjabal kita langsung disuguhi interior yang unik. Dengan bangunan yang hampir semuanya terbuat dari bambu membuat kita merasa betah dan nyaman berada di dalamnya.
Rumah makan yang baru buka empat bulan lalu, adalah cabang dari Ciamis dan Bandung. Sehingga masyarakat Bogor tidak perlu jauh-jauh pergi kesana hanya untuk mencicipi sajian khas dari menu-menu yang tersedia di rumah makan ini.
Menampilkan cita rasa dan cara penyajiannya yang tetap dipertahankan. Ini terbukti, pada bumbu dapur yang digunakan diambil langsung dari daerah asalnya yaitu Ciamis Jawa Barat. Contohnya pada menu ikan gurame bakar, dimana dalam pengolahanya menggunakan honje.
Honje adalah bumbu yang menjadikan cita rasa gurame disini terasa benar-benar khas. Cara memasak dengan bahan-bahan yang fresh, membuat makanan yang disajikan terasa segar karena makanan dimasak segera setelah dipesan. Pengolahan dan penyajiannya pun tidak memakan waktu yang lama.
Memang, ikan gurame bakar cobek yang dipandu dengan sambal khasnya menjadi masakan ini, paling difavoritkan. Tapi beberapa menu lain dari rumah makan yang buka dari pukul 09.00-21.00 WIB, seperti ikan mas, ayam, gepuk, udang dan cumi, juga jangan sampai terlewatkan.
Di jajaran minuman, menyediakan minuman yang special. Seperti es kelapa muda ceria yang benar-benar khas. Serutan kelapa muda yang lembut membuat tenggorokan terasa segar ketika kita meminumnya. Juga ada jus strawberry yang sangat menyegarkan dengan kandungan vitamin yang tentu menyehatkan.
“Rumah Makan Manjabal memiliki arti orang gunung. Karena tempat asal pemiliknya adalah sebuah desa yang terdapat di Ciamis yang bernama Desa Gunung Cupu. Jadi untuk mengingatkan darimana mereka berasal maka dipilihlah nama Manjabal,” kata Hakim, pemilik sekaligus pengelola rumah makan Manjabal.
Menu yang tersedia di rumah makan ini relatif terjangkau. Untuk aneka gurame diberikan harga antara Rp40.000-Rp80.000. Aneka ikan mas diberikan harga antara Rp25.000-Rp50.000. Aneka udang dan cumi dengan harga antara Rp25.000-Rp30.000. Sementara untuk minuman, mulai dari aneka jus dan minuman dingin diberikan harga antara Rp2.000-Rp10.000.
“Dengan harga terjangkau kita bisa menikmati sajian khas sunda yang akan membuat kita selalu ingin kembali untuk menikmati sajian tersebut,”katanya mengakhiri wawancara.


Tidak ada komentar: