Rabu

Gudeg Lesehan Sajian Khas Gudeg Jogja Asli


Gudeg telah menjadi masakan Indonesia yang banyak digemari. Tidak saja oleh masyarakat Jawa, tapi juga masyarakat dari daerah lain. Aromanya yang begitu khas, menjadi Gudeg banyak disukai. “Walaupun gudeg adalah makanan asli Jogja, akan tetapi makanan ini sudah dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia umumnya,” kata Fenty pengelola Gudeg Lesehan.
Gudeg Jogja berbahan baku nangka muda yang dalam bahasa Jawa disebut “gori”. Kalau biasanya gudeg dimasak hingga berjam-jam dengan kuali, namun gudeg di sini dimasak dengan di presto. “Untuk mempercepat proses masak, sengaja dimasak dengan cara ini, namun tidak sampai mengurangi rasa khas gudeg itu sendiri,” lanjutnya.
Mulai mengenalkan gudeg di Bogor sejak tahun 1996, dan merupakan usaha turun temurun yang sekarang dikelola hingga generasi kedua. Gudeg Lesehan hadir untuk mengobati rasa rindu bagi mereka yang menginginkan gudeg dan tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan karena di Bogor bisa ditemui gudeg yang memiliki citarasa gudeg Jogja asli.
Gudeg yang ditawarkan di Gudeg Lesehan ini adalah jenis gudeg kering. Tapi jika menginginkan gudeg yang berkuah juga bisa, yaitu dengan menambahkan areh pada sajian gudeg tersebut. Areh adalah santan kental yang mempunyai rasa yang sangat gurih.
Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan gudeg sangat khas karena menggunakan bahan-bahan pilihan yang menghasilkan rasa lezat. Satu porsi gudeg lengkap terdiri dari nasi, gudeg, krecek, telur dan ayam bakar. Krecek terbuat kerupuk kulit sapi pilihan. Satu porsi gudeg lengkap dikenakan harga Rp11.000 dan sudah membuat perut kenyang.
Dalam penyajiannya menerapkan pola prasmanan bahkan bisa juga di bawa pulang. Pembeli dapat mengambil sendiri dan dibayar setelah selesai bersantap. Pengunjung dapat makan ditempat pada meja-meja yang dibuat secara lesehan. Gudeg yang ditawarkan memiliki citarasa yang tidak pernah berubah. Mungkin ini salah satu sebab, kenapa pelanggan tetap setia berkunjung kesini.
Gudeg Lesehan berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di jalan Kedung Halang Bogor. Dan kini telah memiliki banyak pelanggan mulai dari instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat umum.
Bila Anda ingin mencicipi gudeg disini, jangan datang terlalu siang. Karena jika datang diatas jam 2 siang anda akan kehabisan karena begitu banyak peminat dan pelanggan yang sejak pagi datang untuk mendapatkan gudeg asli Jogja yang benar-benar khas.
Gudeg Lesehan buka setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Selain membidik pembeli dari karyawan yang bekerja dilingkungan sekitar yang tidak sempat memasak di rumah, juga memberi kesempatan bagi masyarakat luar Bogor yang sedang berkunjung yang ingin menikmati gudeg asli Jogja.
Layanan catering juga tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan harga Rp. 15.000/ kotak saja sudah bisa menikmati gudeg komplit yang terdiri dari nasi, gudeg, krecek, tahu tempe bacem, telur pindang, ayam opor dan kerupuk.


Tidak ada komentar: