Rabu

Nila Mang Batok Sajikan Masakan Citarasa Sunda Yang Berbeda


Cukup mengesankan memang, jika mengunjungi resto ini. Meskipun di desain secara minimalis namun cukup terwakili sebagai rumah makan khas sunda. Selain menyuguhkan alunan musik tradisional sunda, seisi ruangan dipenuhi pernak-pernik dari batok kelapa. Dinding resto pun diwarnai lukisan persawahan yang mempesona.

Disini, pengunjung dapat memilih aneka masakan Sunda yang memiliki cita rasa yang dapat membangkitkan selera makan. “Walaupun terhitung sebagai restoran baru, untuk citarasa masakan tak perlu diragukan,” kata Slamet, manager operasional Nila Mang Batok.
Salah satu menu spesial yang ditawarkan adalah Nasi Bakar yang merupakan campuran nasi dengan potongan ayam, jamur, telur puyuh dan ikan teri. Lalu ada Nila Goreng Saus Mangga, Gurame Sambal Cobek, Ikan Kapasan Balado, sambal gandaria dan Paket Nasi Liwet Castrol.
Paket Nasi Liwet Castrol terdiri dari ayam, tahu, tempe, ikan asin dan satu castrol nasi liwet yang diatasnya ditaburi pete. Paket nasi liwet kastrol ini bisa dinikmati 6 orang dengan harga Rp.100.000.
Dari sekian menu yang tersedia yang tidak boleh dilewatkan adalah Sop Nila Kelapa Bakar. Masakan ini berbahan baku ikan nila Bangkok yang berwarna merah segar yang dicampur dengan air dan daging buah kelapa muda. Masakan ini hanya bisa ditemukan di restoran ini saja.
Proses memasak sop dimulai setelah ikan nila segar baru diambil dari kolam. Ikan kemudian dibersihkan dan di fillet untuk diambil dagingnya. Selanjutnya dimasak bersama bumbu yang telah disiapkan. Setelah sop matang, kemudian dimasukkan kedalam buah kelapa muda (Daogan) yang dibakar diatas api. Kelapa muda ini berfungsi sebagai wadah sop ikan nila tersebut.
Dalam penyajiannya hanya membutuhkan 5-7 menit sehingga pengunjung yang datang tidak terlalu lama menunggu. Harga Sop Nila Kelapa Bakar Sop ikan nila Rp35.000 dan dapat dinikmati untuk 2 orang. Sangat tepat disantap di waktu makan siang.
Selain menu special dan khas tersebut, masih banyak menu lainnya, seperti ikan gurame, ikan mas, ayam bakar maupun goreng. Juga cumi dan udang, aneka pepes, aneka sop dan sate. Kalau ditempat lain hanya ada sate ayam dan kambing, disini tersedia sate sapi maranggi.
Untuk minuman resto ini menyediakan Bansulap. Minuman ini hasil racikan khas yang terdiri dari bandrek, susu dan kelapa muda. Rasa yang dihasilkan dari perpaduan itu sungguh hangat dan menyegarkan.
Rumah makan berkonsep keluarga ini dapat menampung 70 orang lebih. Untuk tempat lesehan, masing-masing penyekatnya bisa dibuka dan mejanya memiliki sayap yang bisa dilebarkan sehingga bisa digabungkan.
Kedepannya akan ada menu sarapan pagi berupa masakan sunda seperti bubur ayam, nasi uduk dengan harga ekonomis berkisar Rp5.000-Rp7.000. Dan nasi timbel mini dengan harga Rp12.500/ porsi.


Tidak ada komentar: