Kamis

Al Azhar Syifa Budi Cibinong Tanamkan Nilai Spiritual di Setiap Pembelajaran


Al-Azhar Syifa Budi Cibinong adalah sekolah unggulan yang menerapkan program multilingual (bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Arab) serta pembelajaran komputer berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi.
Sekolah ini bertujuan mewujudkan sekolah unggul (mumtaz school), yaitu program pendidikan yang mampu membentuk manusia paripurna (insan kamil) sebagai calon pemimpin dunia (kholifah fil ardli) yang rakhmatan lil alamin

Menurut pelaksana harian Al-Azhar Syifa Budi Cibinong, Drs. H. Edy Junaedi S, M.Pd, dalam memenuhi tujuan pendidikan digunakan kurikulum yang terpadu (integrated curriculum). “Yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Plus yang dipadu dengan nilai-nilai Agama Islam dalam setiap materi pembelajaran,” katanya. Siswa dibekali dengan leadership training, pengembangan bakat minat, pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dan program life skills.
Pada proses belajar mengajar dilakukan dalam ruang kelas ber-AC ukuran 8x9 m2. Satu siswa, satu meja dan satu kursi. Ruang kelas yang nyaman akan menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan serta Contectual Teaching Learning (CTL).
Dalam rangka pengembangan diri dan penyaluran minat dan bakat siswa, terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi english club untuk mengembangkan kemampuan percakapan bahasa Inggris dan Sanggar Belajar untuk melayani pembelajaran pengayaan siswa dalam kesulitan belajar.
Kegiatan ektrakulikuler lain yang terbagi menjadi beberapa kategori bisa dipilih sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa seperti olahraga (sepak bola, futsal, basket), seni (lukis, tari, band, angklung), leadership dan life skill dan lain-lain.
Sekolah dilengkapi laboratorium IPA dengan kualitas di atas standart, laboratorium komputer yang dilengkapi jaringan internet serta perpustakaan dengan buku-buku bacaan, referensi dengan berbagai judul.
Sekolah Al Azhar Sifa Budi Cibinong juga menyelenggarakan program akselerasi. Yaitu proses percepatan belajar bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dengan cara mengembangkan potensi atau kemampuan ke arah berfikir lebih tinggi (eskalasi) maupun program pengayaan (enrichment) secara lebih luas dan mendalam.
Sarana peribadatan berupa masjid didirikan sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Juga klinik sekolah (UKS), kantin sekolah dan layanan psikologi. Juga dilengkapi dengan area parkir luas, antar jemput sekolah dan ruang tunggu pengantar maupun penjemput yang memadai.
Sekolah yang berlokasi di jalan Karadenan-Pemda Cibinong Bogor yang berdiri sejak tahun 2007 lalu, baru menyelenggarakan tingkat pendidikan sekolah dasar dan SMP. Siswa di bimbing oleh guru tetap minimal S1 sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Para pengajar sangat profesional, ramah, sabar dan bijaksana dalam menghadapi siswa. Khusus SD kelas 1 dan kelas 2 dibimbing oleh 2 orang wali kelas agar lebih fokus dan konsenterasi.
”Semua program pendidikan yang diberikan adalah upaya sekolah untuk membentuk siswa yang mandiri dan berwawasan global. Dan ini merupakan keinginan orang tua yang berorientasi bagi masa depan anak-anaknya,” pungkasnya.

1 komentar:

sandy mengatakan...

Bismillahirrohmannirrohim.
Innal hamda lillah, nahmaduhu wanastainu, wanastagfiruhu. Wanaudzubillahi minsururi anfushina waminsayyiati a'malina mayyahdillahu fala mudillallah. wamayyahdil fala hadialah.
Ashhadu anllailaha illolloh, waashyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rosuluhu alladzi la nabiaya ba'dah.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Kami salah satu orang tua murid dari Sekolah Menengah Pertama Al Azhar Syifa Budi Cibinong sangat mengharapkan agar anak kami menjadi anak yang soleha konsisten melaksanakan segala perintah Alloh SWT dan menjauhkan segala laranganNYA.
Antara lain mendirikan sholat sebagai salah satu bentuk ritualisasi dalam Islam, puasa, dan memiliki budi pekerti yang baik berbakti kepada kedua orang tuanya sehingga terwujud manusia Indonesia yang memiliki jiwa besar beriman serta bertaqwa kepada Alloh SWT dan senantiasa hanya mengharapkan Ridho dan Magfiroh dari Alloh SWT.
Hal ini semua bermuara kepada kesungguhan belajar mengajar di sekolah tersebut.
Al Azhar Syifa Budi adalah sekolah yang bukan hanya sekedar menampilkan kurikulum yang bersifat generally seperti kebanyakan sekolah lain, lebih dari itu Al AZhar Syifa Budi sangat intens terhadap pendidikan agama Islam.
Kami sangat berharap hal inilah yang merupakan pembeda Syifa Budi dengan sekolah lainnya, dimana sekolah lain ta' pernah menyediakan pelajaran agama Islam lebih dari 2 jam!Tanpa pelajaran Budi Pekerti sehingga janganlah heran jika kebanyakan anak sekolah sekarang sudah tidak kenal yang namanya Sopan Santun, adab dan hormat terutama kepada orang tua, yang lebih tua atau dituakan.

Hanya yang ingin saya pesankan bagaimanapun kerasnya usaha pihak sekolah Syifa Budi, tetap yang menjadi barometer publik adalah mencetak kelulusan murid muridnya 100% ketika mengikuti Ujian Negara
Demikian semoga Alloh SWT senantiasa melindungi kita sekalian,
Amin.