Kamis

Fenomena Sekolah Unggulan


•Sekolah unggulan dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM. Sekolah unggulan diharapkan melahirkan manusia-manusia unggul yang amat berguna dalam membangun negeri.

•Dalam konsep sesungguhnya, sekolah unggulan adalah sekolah yang secara terus menerus meningkatkan kinerja dan menggunakan sumberdaya yang dimiliki secara optimal untuk menumbuhkembangkan prestasi siswa secara menyeluruh. Bukan hanya prestasi akademis saja, melainkan juga potensi psikis, fisik, etik, moral, religi, emosi, spirit, adversity dan intelegensi.
Dalam menciptakan prestasi siswa sekolah unggulan harus merancang kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas tinggi. Keunggulan dapat dicapai apabila seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal dengan melibatkan seluruh personil sekolah seperti tenaga administrasi, kepala sekolah, pengajar, pengembang kurikulum dan bahkan penjaga sekolah. Semua sumber daya tersebut akan menciptakan iklim sekolah yang mempu membentuk keunggulan sekolah.
Keunggulan sekolah terletak pada bagaimana cara sekolah merancang-bangun sekolah sebagai organisasi. Yaitu bagaimana struktur organisasi pada sekolah itu disusun, bagaimana warga sekolah berpartisipasi, bagaimana setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab yang sesuai dan bagaimana terjadinya pelimpahan dan pendelegasian wewenang yang disertai tangung jawab. Kunci utama sekolah unggul adalah keunggulan dalam pelayanan kepada siswa dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya.
Sekolah unggulan dapat diartikan sebagai sekolah bermutu namun dalam penerapan kategori unggulan tersirat harapan-harapan terhadap apa yang didapat dan dimiliki siswa setelah keluar dari sekolah tersebut.
Harapan itu tak lain adalah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh orang tua siswa, pemerintah, masyarakat bahkan oleh siswa itu sendiri sejauh mana keluaran (output) sekolah itu memiliki kemampuan intelektual, moral dan keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat.
Dalam hal mengembangkan sekolah kearah sekolah unggulan (sekolah bermutu) disamping perubahan-perubahan tersebut masih banyak hal yang perlu diperhatikan diantaranya sarana dan prasarana, menajemen sekolahan,visi dan misi sekolah, profesionalisme guru dan lain-lain.
Untuk Profesionalisme bukan berarti menguasai sebagian besar pengetahuan tetapi lebih penting adalah bagaimana membuat siswa dapat belajar. Guru dan siswa harus terjalin komunikasi agar dalam proses pembelajaran ada keterbukaan siswa mengeritik dan mengeluarkan pendapat.
Kehadiran sekolah unggulan pada dasarnya berangkat dari keinginan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain. Dalam konteks ini, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas.
Keberadaan sekolah unggulan di Tanah Air merupakan sebuah upaya untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain. Sekolah unggulan dianggap mampu menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berujung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).
Untuk merealisasi hal itu, pemerintah perlu meningkatkan kinerja guru, karyawan dan kepala sekolah secara menyeluruh serta mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam membangun sekolah berkualitas.
Sekolah unggulan diyakini memiliki potensi lebih besar dalam membantu siswa meraih kesuksesan dan prestasi akademik karena didukung tenaga pengajar profesional dan sarana dan prasarana sekolah yang lengkap.
Sekolah unggulan dianggap memiliki nilai prestise tinggi. Bangga yang tumbuh dihati para orang tua akan membawa orang tua lebih termotivasi untuk jauh terlibat dalam upaya membantu putra-putrinya untuk lebih berhasil. Keterlibatan orang tua terhadap keberhasilan pendidikan putra-putrinya juga akan memacu dan memotivasi belajar anak.

Tidak ada komentar: