Kamis

•Sekolah Dwiwarna Belajar Keragaman dari Sekolah Berasrama


Sekolah Dwiwarna didirikan pada tahun 1998 lalu. Berdiri diatas lahan milik sendiri seluas 7 hektar dilokasi yang strategis dan asri yang menciptakan tempat yang sangat kondusif dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar.
Sekolah yang berlokasi di jalan Raya Parung Bogor ini, menerapkan konsep Boarding School, dimana setiap siswa menjalani proses belajar mengajar dalam satu area berasrama yang aman dan nyaman. Didalamnya terdapat sarana dan fasilitas penunjang sekolah yang lengkap sehingga siswa menjalani proses belajar dan pengembangan diri dengan penuh konsentrasi.

Asrama siswa dipisahkan antara siswa pria dan wanita. Tiap kamar dihuni maksimal 4 orang siswa dengan kamar ber-AC. Siswa dituntut dapat menciptakan kehidupan sosial harmonis dengan belajar dari perbedaan tiap karakter siswa yang ada. Kenyamanan dan ketenagan belajar di asrama menciptakan motivasi belajar dan keterampilan bersosialisasi.
Penerapan kedisiplinan terhadap tata tertib asrama dalam kehidupan sehari-hari menunjang pembentukan karakter siswa. Semua ini tidak lepas dari partisispasi kepala maupun pembina asrama dalam membimbing siswa dalam mengembangkan pribadi yang mandiri.
Sebagai penunjang proses belajar mengajar sekolah dilengkapi dengan ruang kelas yang nyaman dan ber-AC yang diisi tidak lebih dari 20 orang siswa. Memiliki laboratorium lengkap seperti fisika, kimia, biologi, bahasa dan komputer. Serta memiliki sarana teknologi multimedia, teknologi internet dan sistem intranet on line yang dapat diakses oleh siswa guna memudahkan komunikasi internal di sekolah serta membantu mempersiapkan pelajaran secara optimal.
SMA Dwiwarna menggunakan kurikulum yang disusun dalam upaya mengoptimalkan pengembangan potensi siswa yang meliputi pengembangan potensi intelektual, sosial dan spiritual.
Pengembangan potensi intelektual dipacu dengan mengikuti kurikulum nasional sebagai standar kompetensi yang mendorong siswa menguasai pengetahuan ilmiah serta andal dalam menyikapi masalah sehari-hari.
Pengembangan sosial dilakukan dengan mengarahkan siswa pada rangkaian pelajaran dan aktivitas yang dapat membentuk kedisiplinan dan mengasah jiwa kepemimpinannya. Sedangkan pengembangan spiritual diarahkan melalaui aktivitas yang dapat menanam serta menumbuhkan akhlak Islami yang baik dan terpuji.
Sebagai sekolah yang terhindar dari pengaruh luar maka berbagai sarana olahraga juga lengkapi agar siswa bebas memilih olahraga kesukaannya. Berbagai fasilitas olahraga meliputi lapangan sepakbola, basket, renang, tenis, volleyball dan tenis meja, tersedia untuk digunakan.
Dukungan fasilitas yang ada telah memberikan kesempatan kepada anak didik dalam meraih prestasi gemilang dan membanggakan dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik seperti olahraga.
Pada tahun pelajaran 2009-2010 ini SMA Dwiwarna membuka program pilihan meliputi program regular, program percepatan belajar (Akselerasi, program sistem kredit semester (SKS) dan program bertaraf Internasional.
Semua program pilihan menggunakan kurikulum nasional yang dikembangkan an dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ujian khusus program bertaraf internasional seperti Cambridge International Examination (CIE) serta melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Tidak ada komentar: