Selasa

Pondok Sekar Arum Bersantap Sambil Menikmati Hijaunya Tanaman


Memasuki halaman Pondok Sekar Arum, pandangan kita akan langsung disuguhi dengan suasana yang asri. Kita akan melihat beragam jenis tanaman yang tertata apik di sekelilingnya. Agak masuk lagi, kita akan menemui tempat bersantap dengan konsep lesehan. Tempat yang nyaman untuk bersantai sambil bersantap.
Pondok Sekar Arum berada di daerah Laladon Bogor dan berdiri sejak Maret 2007 silam. Menurut pemiliknya yang akrab dipanggil Bapak Agung, Pondok Sekar Arum memadukan konsep resto dan tanaman hias. “Saya ingin di Bogor ada tempat makan yang nikmat dengan suasana yang santai. Pengunjung, dapat menikmati makanan dengan suasana yang dikelilingi tanaman hias,” katanya pada AdInfo pada suatu kesempatan.
Pondok Sekar Arum berdiri di atas lahan dengan luas kurang lebih satu hektar. Tempatnya sangat asri dan segar dengan udara yang bebas volusi. Didalamnya terdapat dua tempat bersantap yakni lesehan dan yang menggunakan kursi atau sofa. Kedua tempat ini bisa dipilih sesuai keinginan pengunjung.
Berbagai tanaman hias dan tanaman keras mengelilingi tempat ini. Sehingga tak heran bila suara bising atau debu bisa tersaring oleh hijaunya tanaman yang ada. Untuk tanaman hias seperti anthurium, aglonema dan sebagainya bisa dibeli sesuai keinginan. Begitu juga dengan tanaman keras seperti jambu, durian dan mangga.
“Ada sekitar ratusan tanaman disini. Dirawat oleh orang-orang yang mengerti akan tanaman. Perawatan tanaman tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga, menghasilkan buah, bunga dan sayuran yang aman untuk dikonsumsi,” kata pria asli jawa timur ini.
Pondok makan ini juga dilengkapi dengan kolam ikan dan sarana main anak seperti ayunan, sehingga sangat tepat bagi keluarga untuk menikmati keceriaan sambil bersantap bersama.
Sebagai tempat makan, Pondok Sekar Arum sengaja menyediakan masakan khas Jawa Timur seperti, pecel madiun, rawon, serabi siram hingga es dawet campur. Bagi pengunjung yang datang kelezatan pecel madiun, jangan sampai terlewatkan untuk dicoba. Komposisi pecel ini terdiri dari srundeng, kering tempe, dan penyek kacang. Sementara untuk sayurannya terdiri dari daun kenikir, bunga turi, kacang panjang, toge, dan daun singkong. Harga satu porsi pecel Madiun Rp9500.
Semua sayuran yang digunakan diambil dari kebun sendiri sehingga sangat fresh ketika disantap. Ciri khas dari pecel madiun, memang selalu ada bunga turi dan daun kenikir, sehingga tak heran bila disekitar pondok makan ini banyak ditumbuhi tanaman tersebut.
Setelah puas menikmati menu yang ada, tak ada salahnya untuk mencoba es dawet campur sebagai minuman penutup. Es dawet campur merupakan minuman khas pondok makan ini. Segelas harganya Rp 6.500. Selain cendol hijau, campuran lainnya adalah ketan hitam dan bubur sum-sum. Campuran bahan menciptakan cita rasa yang benar-benar khas dan tidak pernah ditemukan pada minuman dawet lainnya. Rasa manis dihasilkan dari gula aren, sehingga begitu menyegarkan. Paduan antara santan dengan gula aren yang begitu pas.
Pondok Sekar Arum memberi satu nuansa tempat bersantap yang khas. Sehingga kebersamaan akan selalu tetep terjaga. Untuk itu, tak ada salahnya bila pondok makan ini menjadi referensi tersendiri bagi siapaun yang ingin mendapatkan suasana yang mengesankan.
Pondok Sekar Arum buka setiap hari, dan tutup hanya hari selasa. Kunjungan Anda sekeluarga selalu dinantikan di tempat ini.


Tidak ada komentar: