Sabtu

Roti Ka Nung Bogor Penyedia Aneka Jajanan Timur Tengah

Awalnya, membuat roti dan kue hanya untuk keperluan rumah tangga sebagai menu saat santai bersama anggota keluarga. Namun, banyaknya kerabat yang juga menyukai maka dibuatlah dalam jumlah besar yang kemudiaan dijual ke pasaran.
Usaha pembuatan roti dan kue Ka Nung berdiri sejak tahun 1974 dan menjadi pelopor didalam usaha pembuatan roti konde yang mulai serius dijalani sebagai usaha yang lebih berkembang sejak tahun 2002. Seiring perkembangan usaha, Ka Nung kemudian dilengkapi dengan segala aspek legal baik dari merek dan kehalalannya.
Produk utama yang disajikan industri roti dan kue ini adalah roti konde. Roti konde mirip dengan roti channey atau kue maryam. Roti ini sangat unik, dibuat secara melingkar seperti spiral. Roti konde dibagi dalam beberapa jenis pilihan, seperti natural, isi kacang ijo, keju, coklat dan daging. Harga perbuahnya antara Rp2.500-Rp5.000.
”Roti Konde produksi Ka Nung mempunyai standar sendiri yakni dengan berat rata-rata 100 gram perbuahnya. Roti Konde biasanya dinikmati dengan gula, madu atau dengan sayur kari yang kental,” kata Ir. Askar selaku pemilik dan pengelola Ka Nung Bakery dan Cake Bogor.
Ka Nung juga menyediakan martabak mesir, yaitu martabak telur yang dibuat setengah matang. Sebelum dihidangkan, akan lebih nikmat jika digoreng ulang terlebih dahulu. Jika disimpan dalam freezer martabak ini bisa awet hingga satu bulan. Harga martabak mesir mulai Rp17.000/ 2 pcs.
Bila datang kesini, jangan terlewatkan untuk membeli sambosa. Yaitu, kue yang dibuat mentah berbentuk segitiga atau trapesium yang diisi dengan sayuran dan daging. Sebelum dinikmati sambosa terlebih dahulu digoreng atau dioven.
Ka Nung juga menyediakan dodol yang dinamakan Asyid. Dodol ini berbentuk kerucut menggunung yang dibuat matang dan dapat langsung dikonsumsi. Kebanyakan orang menyebutnya dengan dodol arab. Lalu ada juga pastry, yaitu roti dari perancis yang berlapis-lapis dengan bentuk dan isi bermacam-macam yang juga dapat dibuat zupa soup, croissant, dll.
Dalam proses pembuatan roti dan kue Ka Nung sama sekali tidak menggunakan pengembang, bahan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainnya. ”Semua roti dan kue kami buat secara murni dan natural, sehingga cara penyimpanannya benar-benar sangat diperhatikan,” tambah Askar.
Bahan baku pembuatan roti dan kue seperti terigu, mentega, minyak, butter dan lain-lain didapatkan dari supplier khusus yang sangat memperhatikan kesempurnaan citarasa makanan. Cara pengolahan dan pembuatan baik dari mulai meracik adonan hingga proses produksi dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga menghasilkan produk roti dan kue yang bercitarasa tinggi.
Diakui, pasar terbesar roti dan kue Ka Nung lebih dari 80 % wilayah Jakarta dan berbagai daerah di tanah air khususnya pulau Jawa. Di wilayah Bogor produk Ka Nung banyak dipesan di beberapa kafe dan perorangan untuk berbagai keperluan seperti pesta atau acara-acara lain.
Untuk wilayah Bogor dan sekitarnya, pesanan tidak dibatasi dan dapat diantar ketempat tujuan. Keberadaan Roti Ka Nung Bogor kini memberi arti sendiri. Yakni sebagai salah satu tempat kuliner yang dapat dikunjungi bagi masyarakat Bogor maupun luar Bogor. Jadi tidaklah lengkap rasanya bila berkunjung ke Bogor belum menikmati roti konde Ka Nung yang berlokasi di jl. Sedane No. 23A Bogor.


Tidak ada komentar: