Jumat

Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini


Bahasa adalah sarana untuk berkomunikasi, berinteraksi dan membantu kemampuan berfi kir anak. Easy Reader membantu
mengembangkan kemampuan setiap anak dalam memaksimalkan kompetensi dirinya khususnya dalam berbahasa Inggris.



Easy Reader memberikan hak setiap anak dalam
memperoleh pendidikan, khususnya dalam berbahasa Inggris.
Dengan menerapkan sistem pengajaran secara personal, sangat
memungkinkan guru menggali kompetensi anak yang tiada batas
yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.
Semua aspek belajar diberikan Easy Reader kepada setiap
siswanya, meskipun tidak satupun seorang anak sama dalam
setiap aspek. Menurut Principal Easy Reader cabang Bogor, Ms.
Mahfuzi ada 4 materi yang mencakup Reading, Writing, Grammer
dan Conversation. “Juga mengembangkan sikap kedisiplinan,
kemandirian, sensoral atau pengembangan saraf motorik kasar
dan halus siswa,” katanya.
Penguasaan bahasa Inggris pada anak mengandalkan
Language Acquisition Device (LAD) yang fungsinya untuk
memproses input bahasa yang kita dengar di sekeliling kita dan
mengeluarkannya menjadi bahasa yang kita tuturkan.
Ketika anak mendapat masukan bahasa Indonesia, maka
dia akan mengeluarkan atau berbicara bahasa Indonesia juga.
Demikian juga dengan input bahasa Inggris akan menjadi output
bahasa Inggris. Kefasihannya tergantung bahasa mana yang
didengarkan dengan lebih insentif.
Walaupun memiliki kelas yang sangat nyaman dan ber-AC,
tetapi kegiatan pengajaran juga dilakukan di luar kelas. Seperti
saat mengajarkan bunyi “ae”untuk perkataan “ant (semut)”, guru
secara langsung membawa anak muridnya ke sebuah pohon yang
ada di halaman dan menunjukkan semut yang sebenarnya kepada
murid. “ This is ant. There are black and red ants”, kata si guru.
Anak dengan mudah langsung mengingat kata yang baru itu di
kepalanya : “ant”.
“Pengajaran bahasa Inggris di Easy Reader diusahakan
tidak abstrak, tetapi konkrit dengan bentuk nyata yang dapat
digunakan oleh anak-anak. Sehingga bahasa Inggris bukan hafalan
untuk anak, tetapi menjadi alat untuk mengekspresikan sesuatu
secara nyata oleh si anak,” jelas Ms. Mahfuzi principle Easy Reader
Cabang Bogor yang berlokasi di Vila Bogor Indah.
Keberhasilan Easy Reader untuk mengajarkan membaca
pada anak-anak usia 2,5-10 tahun, tentu sudah melewati uji coba
secara ilmiah terlebih dahulu sehingga bisa diterapkan kepada
publik.
Kemampuan membaca dan menulis adalah yang
menjadi kekuatan Easy Reader, selain mengajarkan grammar dan
conversation. Conversation bahasa Inggris dapat diperoleh secara
natural dari interaksi yang dilakukan dalam bahasa Inggris di kelas
Easy Reader, sedangkan grammar akan terpola dari conversation
yang didengar. Namun reading dan writing skill juga diajarkan.
Aktivitas juga didasarkan pada kemampuan anak secara
pribadi, meskipun masing-masing anak berbeda. Oleh karena
itu di kelas Easy Reader, materi pengajarannya berlainan karena
menyesuaikan dengan kemampuan anak.
Anak-anak dikelompokkan berdasarkan umur. Kemajuan
materi pengajaran diberikan tergantung pada kesiapan anak.
Dan karena satu kelas dibatasi maksimal 4 orang, maka guru
akan dengan mudah memahami anak yang berguna untuk
kemajuannya.
Easy Reader bukan hanya mengajarkan grammar dan
conversation, tetapi juga memiliki goal tercapainya kemampuan
membaca dan menulis dalam bahasa Inggris secara mudah dan
menyenangkan. Kemampuan membaca dan menulis tersebut
memang memerlukan orang ketiga untuk mengajarinya, jadi tidak
dapat diperoleh secara natural, seperti kemampuan listening dan
speaking.


Tidak ada komentar: