Sabtu

Caraka City Courier Antarkan Dokumen dan Paket Anda Tepat ke Tujuan


Bisnis jasa delivery barang membutuhkan pelayanan yang prima, bukan hanya soal harga, tapi juga soal kualitas pelayanan. Karena itu jika tidak dapat memperbaiki kualitas pelayanan, banyak yang tidak mampu mempertahanakan klien yang sudah ada.



Bisnis jasa delivery barang membutuhkan pelayanan yang prima, bukan hanya soal harga, tapi juga soal kualitas pelayanan. Karena itu jika tidak dapat memperbaiki kualitas pelayanan, banyak yang tidak mampu mempertahanakan klien yang sudah ada.

PT. Mitrapiranti Usaha merupakan satu kepemilikan dengan PT. Birotika Semesta (DHL Indonesia) dan PT. Carakayasa (Caraka Logistics & Distribution). Berdiri sejak tahun 1995 dengan nama Mailshop Plus. Menerapkan sistem one stop solution dengan berbagai usaha seperti pengiriman barang dan dokumen. Untuk layanan pengiriman barang keluar negeri, PT Mitrapiranti Usaha bekerjasama dengan DHL Indonesia, sedangkan Caraka Logistics & Distribution untuk pengiriman domestik.

Tahun 2000 PT. MPU mengambilalih pengiriman dalam kota dari PT. Carakayasa, khusus pengambilan (pick up) dan pendistribusian dokumen atau paket di bawah 5 kg dengan label Mailshop Plus City Courier. Pada tahun 2004 Mailshop Plus City Courier dilebur menjadi Caraka City Courier yang melayani Jadebotabek.

Dalam layanannya, Caraka City Courier yang berlokasi di Jalan Guntur Bogor, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang operasional. Layanan secara perorangan dan perusahaan dapat dibuat dalam bentuk kerjasama kontrak, dimana pengambilan dan pengiriman dokumen atau paket. dapat dilakukan setiap hari ke tempat tujuan.

Layanan IT tersebut menerapkan sistem SPTS (Shipment Processing And Trecking), yaitu sistem pelacakan yang memudahkan pelanggan mengetahui keberadaan kirimannya. Akan disediakan fitur informasi mengenai pengirim, penerima dan lokasi yang di lalui paket sampai pada tujuan akhir. Sistem ini didukung barcode untuk mengetahui waktu barang sampai dan waktu menerima barang.

Kemudian sistem Caraka Image Tracking (C-It), dimana setiap kurir dilengkapi dengan kamera HP. “Orang yang penerima kiriman berupa paket atau dokumen tidak saja dimintai tanda tangan, juga diambil fotonya untuk memudahkan pelacakan dan sebagai dokumentasi kami juga,” kata Zul Kepala Cabang Bogor. “Hal ini untuk mengatisipasi terjadinya koplain, karena penerima paket atau dokumen dapat diketahui dan dikenali,” tambahnya.

Layanan lain yang tak kalah menarik adalah C-Cepat. Kiriman akan sampai dalam waktu 2 jam, dengan lead time 1 hari untuk tujuan Jadebotabek. Biaya kiriman sangat variasi dan untuk member akan mendapatkan harga yang menarik. Untuk kota Bogor tidak dikenakan biaya pengambilan, hanya dikenakan biaya pengiriman saja.

Sampai saat ini Caraka City Courir melayani beberapa perusahaan seperti perusahaan leasing, finanace, asuransi, bank dan lain-lain. Bentuk dokumen yang dikirim biasanya berupa fotokopi kontrak, polis, pemberitahuan pembayaran, kartu pembayaran, penagihan dan sebagainya. Juga ada layanan Dedicate atau layanan jasa delivery order bagi perusahaan. Bagi yang ingin bermitra, disini juga melayani penjualan outlet dengan sistem Franchise untuk produk DHL, Caraka City Courir yang dalam maktu dekat akan membuka layanan di negara Asean


Tidak ada komentar: