Jumat

Lapis Legit Buatan Capulaga Awetnya Bisa Sampai Tiga Bulan


Ingin merasakan legitnya kue lapis, datang saja ke Capulaga. Disana Anda bisa memesan aneka kue lapis yang sangat lezat dan nikmat untuk berbagai keperluan. Lapis legit buatan Capulaga memang benar-benar legit.


Berawal dari produksi rumah tangga pada tahun 1984, lapis legit yang dulunya tak bermerk ini telah melanglang buana sampai ke negeri orang. Binis rumahan ini telah berjalan tiga generasi, pertama oleh Ibu Dewi Maryam, kemudian dilanjutkan oleh putrinya Dra. Balqies Batarfie, SIP dan sekarang produksinya dikelola oleh generasi ketiga yaitu Amalia Hassan.

Kemajuan usaha produksi lapis legit ini merupakan tonggak pertumbuhan bisnis industri makanan yang dikelola oleh CV. Kenanga, namun baru sejak tahun 2001 mulai di buat merk kue dengan label “Capulaga”. Saat ini Capulaga telah mempunyai hak paten seperti sertifikat halal dari MUI, dan izin dari Depkes RI. Saat ini pula CV. Kenanga bergerak dalam bidang catering untuk pesta, pusdiklat, perusahaan, pabrik dan sebagainya.

Capulaga memiliki berbagai produk andalan, namun capulaga tetap konsentrasi pada jalur spesialisasinya yaitu lapis legit. Kue lapis legit ini telah melanglang buana ke berbagai belahan negara di Eropa, Asia dan Amerika dan membuat lapis legit capulga menjadi salah satu produk kebanggaan Indonesia.

Pada tahun 2005, Amalia bertolak ke Jepang dalam rangka memenuhi undangan pemerintah Jepang untuk mengikuti program “Small Medium Enterprise Promotion” (promosi usaha kecil menengah). Dalam program tersebut dilakukan studi banding UKM Jepang dan mempromosikan lapis legit khas Indonesia. Capulaga juga aktif dalam beberapa kegiatan pameran kelas Internasional seperti yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia akhir Juli 2007 lalu, yakni Pameran Promosi Kraft Nusantara dengan peserta UKM dari Indonesia, Malayisa dan Brunei Darusalam.

Produk lapis legit yang sedang banyak diminati saat ini adalah lapis legit handycraft, yaitu lapis legit yang dikemas dalam kotak mini motif batik. Pembuatan kemasan ini turut melibatkan pengrajin kota Bogor dan penjualan handicraft lapis legit ini telah dijadikan buah tangan khas Indonesia ke beberapa negara seperti Belanda, Belgia, Jepang, Amerika, Cina, Hongkong, Malaysia dan Singapura.

Kualitas produk sangat menjadi acuan utama Capulaga. Melalui tes labolatorium, lapis legit yang diproduksi Capulaga dapat awet selama 3 bulan dalam suhu ruang, dengan catatan masih terkemas dengan kemasan asli, yaitu menggunakan plastik PVDC yang berfungsi penyerap oksigen khusus makanan.
Industri lapis legit Capulaga sempat mengalami krisis pada tahun 1998, ketika itu krisis menoter terimbas ke semua industri di tanah air. Namun untungnya Capulaga dapat tetap bertahan dan terus berkembang sampai saat ini untuk memenuhi pesanan kepada pelanggan setianya.


1 komentar:

Yusuf mengatakan...

waaa... saya jd penasaran dengan rasanya koq bisa ya sampai 3 bulan awetnya. bagaimana cara saya untuk bisa mendapatkannya. di kota mana. apakah ada no tlp yg bisa saya hubungi untuk memesan kue lapis legit yg sudah ke manca negara tsb? terima kasih sebelumnya.