Rabu

Pentingnya Peran Keluarga Pada Pendidikan Anak Usia Dini


Apa yang disebut pendidikan prasekolah atau yang lebih dikenal dengan playgroup semakin hari semakin mendapatkan tempat dalam dunia pendidikan kita. Ini membuktikan bahwa semakin banyak masyarakat yang sadar atas pentingnya pendidikan anak sejak dini.
Dari pendidikan prasekolah inilah, anak mulai diajarkan untuk mengenal dunia luar. Pendidikan prasekolah membuktikan bahwa orang juga semakin aware terhadap pentingnya pendidikan persiapan dalam menghadapi masa depan yang penuh persaingan.
Karena itu, para orang tua berlomba-lomba memberikan bekal pendidikan yang cukup bagi anaknya. Hal ini tentu saja dilakukan dengan harapan agar anak-anak kelak memiliki kesiapan diri yang lebih dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Namun kesadaran atas pentingnya pendidikan sejak usia dini itu belum bisa sepenuhnya dirasakan semua pihak mengingat mahalnya biaya yang harus dipenuhi para orang tua. Karena itu, tidaklah salah kalau pendidikan prasekolah selama ini identik dengan anak-anak dari kalangan ekonomi menengah ke atas saja. Hal ini semakin memperkuat pernyataan bahwa dunia pendidikan saat ini hanya diperuntukkan mereka yang mampu, yang berasal dari golongan the have atau yang ekonominya berada pada kelas menengah ke atas. Mereka yang tidak mampu cukuplah bermimpi untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan yang berada di tingkat ekonomi tinggi.
Akhirnya, pendidikan prasekolah yang mulanya bertujuan mempersiapkan pendidikan anak sejak usia dini dipandang sebagai suatu institusi yang tidak lebih dari tempat berkumpulnya anak-anak orang kaya. Yaitu, anak-anak yang orang tuanya cukup sibuk dengan urusan-urusan duniawi sehingga rela mengeluarkan sejumlah uang agar anak-anak mereka berada di tempat yang aman. Selain itu, tentunya, playgroup memberikan suatu hal yang bermanfaat bagi anak-anak itu sendiri.
Pendidikan prasekolah merupakan suatu cermin mengenai banyaknya orang tua yang belum memahami kebutuhan utama anak-anaknya. Mereka berpendapat bahwa pendidikan prasekolah adalah suatu hal yang dapat menggantikan peran orang tua ketika mereka sibuk bekerja. Padahal, bagaimanapun, peran orang tua terhadap anaknya tidak dapat digantikan oleh apa atau siapa pun.
Orang tua merupakan faktor yang sangat signifikan bagi anak-anak. Sebab, orang tua adalah orang yang sangat berpengaruh bagi mereka. Peran orang tua bagi anak-anak akan membantu mereka dalam memahami siapa dirinya. Bahwa yang paling berpengaruh terhadap maju mundurnya pendidikan anak adalah orang-orang yang paling dekat dengan kita, seperti halnya orang tua, saudara, serta orang-orang yang berada satu rumah dengan kita.
Dapat kita ketahui pula, bahwa kebutuhan utama seorang anak adalah mendapatkan perhatian dari orang-orang yang paling dekat dengannya. Orang-orang seperti ini sangat berpengaruh dalam kehidupannya. Peran yang mereka berikan juga akan membantu memahami siapa dirinya.
Hal itu seperti yang sering diucapkan beberapa orang, atau mungkin kita sendiri, bahwa perilaku anak tidak terlepas dari bagaimana cara orang tua mendidik. Jadi, jelaslah bahwa sebaik apa pun pendidikan, yang paling utama tetaplah pendidikan yang didapat dari keluarga karena sifat dan perilaku anak pada akhirnya merupakan gambaran sifat serta perilaku orang tuanya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan prasekolah merupakan sarana bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan sejak usia dini. Pendidikan prasekolah tidak dapat menggantikan peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Bagaimanapun, pendidikan prasekolah hanyalah fasilitator yang membantu anak-anak untuk mempersiapkan dirinya menuju tingkat pendidikan selanjutnya.
Selebihnya, orang tualah yang harus melakukannya karena orang tua merupakan faktor utama yang harus bertanggung jawab terhadap perkembangan anak-anak di masa depannya.

Tidak ada komentar: