Rabu

Tips Memilih Kafe dan Resto


Untuk menilai apakah sebuah kafe maupun restoran sesuai dengan selera memang sangat subyektif sekali. Setiap orang tentu saja berbeda selera dan penilaian pribadinya. Namun ada beberapa garis besar yang bisa dijadikan pegangan sebelum menentukan ke arah mana tempat makanakan dituju. Setidaknya sebagai perbandingan agar kita dapat ‘lebih menikmati’ sisi rasa dan nuansa sebuah kafe dan resto.

1. Bersih dan Sehat
Perhatikanlah kebersihan tempat dan segala elemen pendukungnya, seperti meja, kursi, sendok, garpu, dan lain- lain. Dan sini kita bisa menyimpulkan apakah sebuah kafe/resto sesuai dengan standar kebersihan bagi kita. Setetah itu usahakan makan yang memenuhi asupan gizi. Tidak semua kafe/resto mencantumkan kadar nilai gizi atau kalori datam daftar menu. Tapi jika kita beranggapan bahwa makanan yang akan disantap tak memiliki masalah dengan kesehatan kita, walaupun tanpa mencantumkan kadar gizinya, mungkin tidak perlu jadi bahan pertimbangan.

2. Rasa
Rasa berhubungan erat dengan selera. Oleh sebab itu, jika kita menyukai masakan manis misalnya, tentu kafe/resto yang mengkhususkan pada masakan Padang wataupun terkenal kelezatannya, menjadi berkurang enaknya. Sebab masakan padang tidak manis dan sangat pedas. Begitu juga bagi penggemar makanan western, Chinese Food atau Jawa sekalipun. Semua memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, teliti dan sesuaikan dengan standard lidah kita, baru kemudian menentukan kafe/restonya. Kecuali, kalau hanya sekedar untuk mencoba-coba makanan atau menu baru, semua bisa dilakukan.

3. Suasana
Nikmat dan tidaknya makan sedikit banyak sangat bergantung pada suasana. Carilah suasana yang nyaman, aman dan jauh dari kesan jorok dan tidak ramah. Hendaklah suasana itu sesuai dengan siapa kita akan bensantap. Seandainya kita makan bersama keluarga besar, carilah kafe/resto yang agak luas dan memiliki ruangan tersendiri untuk makan keluarga. Apabila kita bersantap dengan pasangan, suasana romantis barangkali bagus menjadi pilihan. Alunan musik juga bisa menjadi daya magis tersendiri yang bisa memberikan sentuhan keintiman dan kehangatan di meja makan.

4. Harga
Mahal dan tidaknya menu kafe/resto itu relatif. Pilih kafe/resto yang harganya rasional dan sesuai dengan budget kita. Harga sebuah lauk pauk di kafe/resto yang mewah dengan bermacam tampilan penunjang seperti Live music misalnya, tentu bisa 3 sampai 5 kali dari harga kafe/resto yang biasa-biasa saja.
Dan tentu saja harga tersebut sangat rasional mengingat kemewahan dan tampilan-tampilan penunjangnya. Tinggal sejauh mana kita bisa menalar, sehingga tidak kaget ketika melihat harga tempat kita bersantap.
Pastikan apa yang kita bayar, sesuai dengan apa yang kita dapatkan. Jangan sampai begitu bayar, keluar caci maki akibat tidak puas dengan layanan kafe atau restoran yang baru saja kita datangi. Sebagian itu adatah kesalahan kita sendiri. Begitu ………..




Tidak ada komentar: