Jumat

Sekolah Victoria Targetkan Pada Persiapan ke Sekolah Dasar

Sekolah Victoria merupakan bagian dari Yayasan Pendidikan Taman Harapan Network yang berpusat di Surabaya. Setelah lebih dari 20 tahun bergelut di bidang pendidikan, maka kini membuka cabang barunya di Sentul City, dimana pada awal berdiri hanya sebagai penunjang dalam menyelenggaraan kursus seperti kursus bahasa Inggris, kursus melukis dan sebagainya.
“Kami telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan Play Group dan Taman Kanak-Kanak dan tepatnya pada tahun 2005 ini kami menyelenggarakan jenjang studi ini dan tahun ini kami sedang mempersiapkan kelulusan TK B yang pertama,” kata Felicia, S.Si selaku Kepala sekolah PG dan TK.
Jenjang studi di mulai dari tingkat Play Group A dan B serta TK A dan TK B dari usia anak 2-6 tahun. Kelas dibatasi 5 orang siswa dengan 2 guru untuk TK dan 5 orang siswa dengan 1 guru untuk Play Group. Waktu belajar TK setiap hari dari pukul 08.00-10.00, sedangkan Play Group belajar seminggu 3 kali dari pukul 08.00-09.30 dan 09.00-10.30.
Kurikulum yang digunakan Sekolah Victoria adalah kurikulum nasional dan menerapkan dua bahasa (bilingual). Bahasa Indonesia dipakai saat belajar dikelas sedangkan bahasa Inggris diterapkan dalam bentuk perintah (instruction) dan menyanyikan lagu. Pengajaran bahasa Inggris ditekankan pada program English Time dan games edukatif dari VCD atau computer multi media yang dikemas secara fun. “Kami tidak mengajarkan bahasa inggris secara teoritis tapi diberikan secara fun di saat belajar dan bermain,” lanjut Felicia.
Target pencapaian pendidikan di Sekolah Victoria adalah agar siswa dapat membaca dan menulis sebagai persiapan ke sekolah dasar. Materi pelajaran mengadung aspek kesenian, keterampilan, sosial, emosi dan moral yang disampaikan oleh tenaga pengajar yang berpengalaman. Tugas-tugas yang kerap diberikan kepada siswa bertujuan membiasakan siswa terutama TK untuk mengerjakan sesuatu dirumah. Dengan tugas rumah, peran orang tua amat mendukung terjalinnya ikatan antara orang tua dan anak.
Ruangan kelas yang ber-AC dan layanan antar jemput siswa, juga merupakan fasilitas lain sebagai pendukung proses belajar mengajar. Kunjungan dokter gigi dan dokter umum setahun 2 kali juga kerap dilakukan. Selain pemeriksaan kesehatan siswa juga sebagai pengenalan dan mengarahkan kepada siswa agar tidak takut dokter.
Sekolah umum ini mengajarkan keragaman dan kebersamaan serta mengenalkan sosialiasi anak sejak dini. Disamping mengajarkan anak-anak untuk hidup tertib dan teratur terutama pada sesi pelajaran makan bersama (snack time), juga mengajarkan cara berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
Untuk penunjang belajar Sekolah Victoria kerap melakukan kegiatan luar sekolah, seperti renang dan kunjungan ke lokasi yang dapat memberikan wawasan baru seperti taman, kantor pos, bank dan sebagainya. Kunjungan yang dilakukan berdasarkan tema tersebut sedikitnya dilakukan 1 kali tiap semester.
Siswa juga dapat mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yang diajarkan oleh guru khusus seperti menggambar, bahasa inggris dan menari. Melakukan kegiatan nasional dan perayaan hari besar agama, diharapkan agar siswa dapat memahami makna dari perayaan hari-hari besar tersebut.
Biaya studi yang terjangkau, sudah termasuk uang tahunan, uang kegiatan dalam dan luar sekolah, uang buku dan peralatan sekolah. Semua biaya dibayarkan diawal tahun pelajaran dan tidak akan dikenakan biaya lagi kecuali biaya SPP yang dibayarkan tiap bulan.

Tidak ada komentar: