Kamis

Pemilihan Cat yang Benar Bentuk Keserasian Antara Rumah dan Penghuni

Memilih warna cat untuk dinding rumah terkadamg sulit. Kalau salah warna, bisa merusak keindahan dari rumah itu sendiri yang pada akhirnya untuk mengambil jalan aman , sering pilihan kita jatuh pada warna-warna netral seperti putih atau krem. Padahal penentuan warna ini memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan suasana atau atmosfer yang ingin dihadirkan dalam sebuah ruangan.


Boleh-boleh saja menggunakan warna netral ataupun warna yang sesuai dengan selera kita, akan tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya juga ikut di pertimbangkan untuk lebih meningkatkan kenyamanan. Salah satunya adalah memperhatikan banyaknya cahaya yang masuk kedalam ruangan. Warna terang akan lebih memantulkan cahaya sehingga ruangan lebih terang dan memberikan efek lebih luas pada ruangan. Sementara warna yang gelap cenderung lebih bersifat menyerap cahaya sehingga terasa lebih teduh.
Selain itu yang harus diperhatikan pula adalah kesesuaian antara warna dinding dengan dominasi warna yang terdapat pada furniture, lantai dalam satu ruang disesuaikan dengan fungsi ruangan. Untuk ruangan membaca, sebaiknya menggunakan warna terang namun tetap memberi kenyamanan. Seperti warna hijau yang tetap memberi kesan terang sekaligus menyegarkan. Sedangkan untuk ruangan menonton televisi misalnya sebaiknya gunakan warna gelap dengan jenis yang tidak mengkilap, karena jika menggunakan cat yang mengkilap, maka cahaya dari layar televisi akan memantul ke dinding sehingga bisa mengganggu kenyamanan mata saat menonton.
Perhatikan pula faktor psikologi warna dalam menentukan warna yang akan digunakan, karena warna yang digunakan dapat menciptakan mood atau atmosfer tertentu. Untuk kamar tidur, sebaiknya menggunakan warna-warna teduh yang akan memberi kenyamanan. Seperti warna biru yang dipadu dengan warna krem. Sementara untuk ruang makan bisa menggunakan warna-warna terang, seperti warna oranye yang memberikan efek semangat dan bisa meningkatkan nafsu makan.
Disisi lain, memyesuaikan warna dinding dengan tema ruangan juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah dalam pemilihan dan penentuan warna, agar keselarasan desain tetap terjaga harmonis.
Secara umum semua orang tahu bagaimana mengecat sebidang tembok. Tetapi bila di teliti lebih jauh kita akan menemukan banyak faktor penentu dalam proses pengecatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam memilih cat yang baik, banyak orang beranggapan bahwa makin mahal harga cat maka akan makin baik mutunya. Atau semakin terkenal mereknya, maka akan semakin bagus hasilnya
Faktor nomor satu yang harus kita tentukan adalah untuk bidang manakah cat itu akan digunakan, untuk bidang interior atau untuk eksterior; untuk mendapatkan hasil maksimal usahakan menggunakan produk cat yang tepat guna.
Bila anda punya kesempatan datang ke toko bangunan atau supermarket bahan bangunan, dalam membandingkan beberapa produk cat bacalah keterangan/ aturan pemakaian dan yang tidak kalah pentingnya data teknis yang ada pada kemasan masing-masing. Tidak semua perusahaan cat mencantumkan data teknis produk pada kemasannya, hanya cat-cat yang diproduksi oleh perusahaan yang terbuka/ transaparan dan terpercaya saja yang bersedia mencantumkannya.
Satu hal yang juga perlu menjadi bahan pertimbangan dalam memilih cat adalah tersedianya warna-warna yang bisa memenuhi selera kita.Tentunya anda semua masih ingat bahwa warna ruangan berpengaruh terhadap suasana hati orang yang tinggal di dalamnya. Warna-warna lembut memberikan kesan sejuk, ruangan terkesan lebih luas, sedangkan warna-warna kuat seperti merah, hitam, coklat memberikan kesan hangat dan berkesan mempersempit sebuah ruangan.
Bila anda sudah bisa menentukan jenis cat, merek serta warna cat yang akan digunakan, selanjutnya adalah menentukan berapa banyak cat yang diperlukan untuk sebuah ruangan. Pada setiap kemasan cat yang baik selalu tercantum, daya sebar untuk setiap satuan cat pada sebuah bidang, artinya setiap kg/ liter cat akan menghasilkan permukaan seluas bidang tertentu.
Dengan demikian, bila anda sudah tahu berapa luas bidang yang akan dicat, maka anda sudah bisa menghitung kebutuhan cat berdasarkan daya sebar pada data teknis yang ada pada kemasan produk cat tersebut.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

artikel anda ada di:
http://rumah-taman.infogue.com
http://rumah-taman.infogue.com/pemilihan_cat_yang_benar_bentuk_keserasian_antara_rumah_dan_penghuni

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam